5 Dampak Negatif Internet Terhadap Anak-Anak

Internet memang salah satu teknologi yang sangat membantu serta berdampak positif bagi kehidupan manusia,   Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa,  Jika tidak bijak dalam menggunakan internet, Bisa jadi berdampak negatif terhadap penggunanya. Terutama anak-anak. Berikut beberapa dampak negatif internet terhadap anak-anak.

Dampak Negatif Internet Bagi Anak

Dampak Negatif Internet Bagi Anak

  1. Anak dapat mudah kecanduan terhadap internet
    Dampak awal internet terhadap anak-anak adalah efek kecanduan dalam mengakses internet, Seperti ketagihan main game, ketagihan nonton, Ketagihan mengakses jejaringan sosoial sehingga membuat anak menjadi budal internet.
  2. Bahaya konten Porn*grafi
    Seperti yang kita ketahui bersaman, Bahawa internet bersifat global dan apapun yang dicari ada dinternet. Hal ini tentunya sangat berpengaruh terhadap kalangan anak-anak. Usia anak-anak belum dapat membedakan dan mefilter mana hal baik dan mana yang buruk.  Hal ini dapat mudah mempengaruhi anak-anak seperti ayangan-tayangan negatif dari internet salah satunya konten p*rn*grafi. akibatnya sebagian anak melakukan pelecehan S*ksual terhadap temannya hal ini tak lepas dari kebiasaan menonton konten P*rn*grafi di internet.
  3. Mengurangi sifat sosialisai anak terhadap lingkungan
    Kebanyakan anak yang sudah mengakses internet akan mudah terpengaruh pada prilaku sosialnya. Anak-anak akan berkurang interaksi dengan teman, hal ini akan berkaibat melemahkan sifat anak menjadi kurang peduli dengan lingkungan sekitar. akibatnya anak menjadi anti sosial dan kurang mau berteman karena telah memiliki banyak teman melalui jejaring sosial walau pada hakikatnya bersifat maya.
  4. Mudah mendapatkan infromasi yang bebas
    Internet memang sangat bagus, dapat memberikan infromasi terhadap anak-anak atau penggunanya. Namun infromasi inilah yang bersifat bebas. Internet tidak seperti halnya televisi yang memiliki batasan umur tertentu yang bisa menonton suatu tayangan. internet tidak memiliki prosedur yang ketat dalam menyeleksi konten yang sesuai dengan latar belakang umur penggunanya akibatnya berbagai informasi bebas didapatkan meskipun kriteria umur belum mencukupi.
  5. Menumbuhkan sifat plagiat terhadap anak-anak
    Dengan adanya internet yang mudah diakses oleh anak-anak tentunya akan memudahkan anak-anak dalam belajar, Namun juga akan membangun kepribadian anak yang malas dan berplagiat. Contohnya dalam mengerjakan tugas sekolah seorang anak atau sebagian anak tidak lagi berusaha mengerjakan tugas dengan sungguh-sungguh karena dengan adanya internet, anak-anak tinggal mencari tugas melalui internet kemudian langsung mencopinya, sehingga anak-anak menjadi pribadi yang selalu ingin melakukan sesuatu dengan instant dan menjadikan anak pribadi yang plagiarisme.

Peran Orang Tua Dalam Menaggulangi Dampak Negatif Internet Terhadap Anak-Anak

Sebagai orang tua tentunya sangat penting dalam berperan menumbuhkan anak yang cerdas dan mengikuti perkembangan zaman. Semakin berkembangnya zaman tentunya unternet menjadi sebuah kebutuhan bagi setiap manusia. Untuk itu orang dapat menanamkan internet cerdas terhadap anak diusia dini. Beikut ada beberapa cara yang dapat menaggulangi dampak internet terhadap anak-anak.

  • Memberi batasan waktu dalam mengakses intenet dalam sehari bagi anak
  • Menanamkan nilai-nilai sosial pada diri anak yang akan memfilter dampak negatif internet
  • Melakukan banyak aktivitas bersama anak seperti berjalan-jalan, bermain, bercerita dan lain-lain untuk mengurangi aktivitas anak dalam mengakses internet.
  • Memberi pemahaman anak tentang dampak negatif internet
  • Mendampingi anak atau selalu mengawai anak ketika mengakses internet
This entry was posted in Dampak Teknologi Informasi Pada Anak and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.